Vietnam – Hanoi [Part 1]

Setelah sukses solo travelling ke Bali membuat saya langsung pengen naik kelas dengan bikin goal baru lagi, yaitu solo backpacker ke negara di ASEAN. Terus kenapa memilih Vietnam? Kalo Singapore/Malaysia saya kok kurang berminat karena rasanya mirip-mirip aja dengan Indonesia, Thailand terlalu touristy, sehingga saya memutuskan untuk memilih Myanmar/Vietnam/Laos. Lalu daripada bingung akhirnya saya membandingkan harga tiket PP dari tiga negara tersebut dan Vietnam jadi pemenangnya karena harganya paling murah dibandingkan yang lain.

Sebenarnya proses membanding-bandingkan harga ini sudah saya lakukan jauh-jauh hari, tapi karena pekerjaan susah diprediksi kosongnya kapan yang berimbas pada cuti yang tidak jelas kapan bisa diambil, ujung-ujungnya saya beli tiket pesawat H-5! Itu juga karena sadar kalau bakal ada hari kejepit dan long-weekend berikutnya masih di bulan Agustus yang artinya masih lama banget, kaki saya keburu gatal kalo ga jalan-jalan hahaha. Akhirnya saya beli tiket ke Vietnam untuk 4 hari 3 malam saat itu juga sekaligus memesan hostel dan besoknya mengajukan cuti ke pak bos, untungnya di-approve walau menyalahi SOP karena harusnya cuti diajukan minimal dua minggu sebelumnya hehe.

Saya sengaja memilih penerbangan malam dari Jakarta agar sampai di Hanoi pagi dan langsung bisa explore Hanoi sebelum check-in ke Hostel. Tapi apa daya, belum apa-apa sudah dapat kejutan dari AirAsia. Pesawat delay sekitar 2 jam yang membuat saya harus ketinggalan connecting flight dari KL – Hanoi. Setelah complain dan mengurus ini itu di KLIA akhirnya saya dapat penerbangan pengganti jam 12 siang dan juga dua kupon makan senilai 30 Ringgit. Selama 6 jam menunggu, saya nonton bola-makan-baca buku-makan-ngaca-makan, keliling-keliling, gonta-ganti tempat duduk karena sudah ga tau mau ngapain lagi, bahkan, kalau ada lomba cerdas cermat tentang letak restoran atau toko di KLIA2 saya optimis menang saking hafalnya karena kebanyakan ngalor-ngidul hahaha.

Oke fast forward, akhirnya sampai juga di bandara Noi Ban, Hanoi. Setelah membeli sim card, saya langsung mencari kendaraan umum dari Bandara Noi Ban ke Hanoi yang jaraknya sekitar 30 km. Setelah tanya sana-sini akhirnya saya berhasil naik bus umum dengan membayar 30.000 VND. Di dalam bus ini saya merasakan lalu lintas Vietnam yang kacau banget! Bunyi nonstop klakson, lampu lalu lintas yang seperti pajangan karena ga ada yang peduli hahaha. Pokoknya lalu lintas Jakarta jadi ga ada apa-apanya deh.

Malam pertama di Hanoi, saya menginap di Backy Posh Hostel, letaknya di pusat kota dan tidak jauh dari Hoan Kiem Lake. Fasilitasnya lumayan lah ya untuk harga di kelasnya. Selain dapat sarapan, kamar ber-AC, toilet bersih, resepsionisnya juga ramah dan mau menjawab dan menjelaskan dengan detail (buat saya ini nilai plus banget).

Backy Posh Hostel (140.000 VND/night)
3 Hang Tre, Hoan Kiem, Hanoi, Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

Keesokan harinya, setelah mandi dan sarapan saya langsung keluar hostel untuk menjelajah kota Hanoi. Oh ya, berhubung Vietnam merupakan jajahan Perancis, bangunan disini influence nya terasa sekali dari segi arsitektur. Hampir semua rumah berbentuk ruko, tidak terlalu lebar tapi menjulang ke atas, rata-rata memiliki lebih dari 2 lantai. Cinta banget deh sama rumah dan pertokoan disini ❤

Coffee shop di Hanoi
St. Joseph’s Catedral

Bagi kalian pecinta makan dan kopi, wah disini surga banget sih. Sejauh mata memandang pasti ada toko kopi dan penjual makanan. Tapi, karena saya muslim memang agak tricky cari makan disini, karena makanan mengandung babi ada dimana-mana, jadi pinter-pinternya kita aja untuk bicara ke penjualnya untuk menyajikan makanan tanpa B2 itu hehehe. Buat kalian yang bisa makan apapun dan tak berpantang, wajib banget wisata kuliner disini karena kalo dari wanginya sih sepertinya rasanya enak banget~~~~

kedai Pho di setiap gang

Bersambung ke part 2 yaa .