Solo Travelling, My Personal Goal

Dari sejauh yang saya ingat sejak pertama kali bisa jalan-jalan dengan uang sendiri, solo travelling selalu jadi goal personal saya, walaupun setiap ada niatan itu, ada pula pikiran-pikiran yang selalu membuat hati gentar. Tahun lalu, ketika saya menginjak umur seperempat abad, keinginan itu semakin kuat dan menjadi-jadi, lalu saya mulai khawatir kapan bisa berangkat solo travelling kalau di benak saya masih penuh dengan ketakutan dan pikiran yang enggak-enggak. Demi mengakhiri fase itu, selain mengumpulkan niat yang lebih besar, akhirnya saya juga mengumpulkan semua list ketakutan yang sering muncul agar saya bisa mencari solusi, informasi, serta tips lebih detail yang bisa membantu saya mewujudkan mimpi yang sulit banget kesampaian ini.

Emang apa sih yang membuat saya takut dan ragu dalam melakukan solo travelling? Alasan terbesarnya adalah saya bukan orang yang supel, timid banget malah hahaha, terus saya juga orangnya panikan. Saya gak pintar basa-basi dan gak pintar cari topik pembicaraan dengan orang baru, jadi sebenernya lebih ke arah takut kesepian dan bingung mau ngapain kalau sendirian sih. Cuma saya justru kepikiran kalo bisa kesampean solo travelling sebenarnya itu seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlewati. Selain mimpi terwujud, saya juga mungkin bisa mendapatkan keberanian baru di dunia perbasa-basian di luar sana.

Awalnya saya merencanakan solo travelling di dalam negeri dulu, karena yang paling penting adalah memulai. Gak usah mimpi yang muluk-muluk dulu, yang penting jadi berangkat dan perginya sendirian. Lalu berangkatlah saya Januari lalu ke Bali selama 4 hari 3 malam dan ternyata nikmat banget bisa jalan-jalan sesuka hati tanpa mikirin orang lain maunya apa dan kemana. Sebelum berangkat, itinerary sudah disusun dengan sangat detail tapi ujung-ujungnya gak taat sama sekali dengan yang ditulis dan menyadari bahwa hal-hal yang spontan lebih mengasyikan. Ada satu hari dimana saya cuma tidur-tiduran aja di hostel sambil membaca novel, santai-santai bengong melihat pemandangan dari halaman belakang hostel. That day was one of the best day of my life, saya masih ingat hari itu hati saya rasanya tenang dan tentram banget, bahkan mata saya sampai berkaca-kaca karena bangga sama diri sendiri bisa ada di posisi saat itu. Kalo yang ini harap maklum ya, soalnya emosi saya memang mudah terombang-ambing hahaha.

Selepas pulang dari Bali, banyak banget yang bertanya kepada saya, ngapain liburan jauh-jauh kalau aktifitasnya begitu-begitu aja? Hmmm sebenarnya yang saya butuhkan adalah rasa yang tidak familiar. Kalau harimu monoton dengan pekerjaan, teman, urusan yang itu-itu saja, kadang kala butuh suatu hajat khusus untuk lepas dari itu semua. Kalau cara saya, ya pergi ke tempat baru untuk liburan dan menyendiri. Dengan begini saya bisa meresapi rasa sepi, menikmati waktu yang berjalan lambat, dan bisa menuruti semua kemauan sendiri untuk diri sendiri.

Beberapa hal yang menjadi highlight dari solo travelling kemarin adalah lebih bisa memahami diri sendiri dan menemukan keberanian yang tidak disangka-sangka. Ternyata saya bisa menyapa dan mengajak ngobrol orang yang baru saya kenal, bisa berpergian ke tempat asing menggunakan transportasi umum dengan bertanya dan meminta bantuan ke warga lokal, walaupun pake nyasar sih dari Kuta ke Ubud tapi toh sampai dengan selamat dan baik-baik saja hehehe. Dan sebenarnya walaupun secara teori pergi sendiri, saya gak pernah benar-benar merasa sendiri selama perjalanan kemarin karena selalu ada orang-orang sekitar yang mengajak ngobrol dan membantu. Setelah mencoba dan menjalani semuanya, rasa takut itu benar-benar sudah hilang sempurna. Jadiiii, dari perjalanan ini saya belajar kalo mimpi bakal cuma jadi angan-angan belaka kalo ga ada langkah pertama untuk memulai semuanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s